Cara Memeriksa Apakah Orang Lain Menggunakan Instagram Anda


Karena semakin banyak kehidupan kita yang bergerak online berkat aplikasi dan platform seperti Facebook dan Instagram, kejahatan juga terjadi. Pencuri cenderung menggunakan data penting dan mencuri identitas Anda secara online atau informasi pribadi Anda sehingga mereka dapat menggunakan data penting Anda. Akun media sosial telah menjadi sasaran utama oleh banyak penjahat online. Peretas mencoba mencuri identitas pribadi kita sehingga mereka bisa berpura-pura menjadi kita dan membeli barang atas nama kita, sementara penipu menggunakan rekayasa sosial untuk mengelabui kita dari uang atau barang.

Puluhan juta orang telah menjadi korban kejahatan online. Pengguna telah mencuri informasi mereka dari situs web, termasuk identifikasi pribadi dan informasi kartu kredit mereka. Situs yang beragam seperti Google Plus, Facebook, Equifax, dan Yahoo semuanya telah menjadi korban pelanggaran data yang memengaruhi jutaan atau bahkan miliaran akun. Kejahatan dunia maya individu bahkan lebih umum. Total resmi menempatkan kerugian tahunan dari kejahatan dunia maya dalam miliaran dolar, pembayaran ransomware saja mencapai satu miliar dolar per tahun.

Tampaknya situs seperti Instagram relatif aman dari ketakutan semacam itu, karena itu hanya tempat bagi orang untuk mengirim foto, bukan? Sayangnya, itu tidak benar. Meretas situs media sosial adalah salah satu gerakan crybercriminal, karena akun media sosial (bahkan jika mereka tidak memiliki sesuatu yang berharga untuk dicuri dan dari mereka sendiri) adalah pintu masuk ke seluruh kehidupan elektronik seseorang. Informasi kami ada di mana-mana secara online, dan memiliki kendali atas media sosial seseorang menempatkan penjahat satu langkah lebih dekat dengan memiliki kendali atas aset seseorang. Instagram telah menjadi target utama penjahat dan pencuri; perusahaan ini dimiliki oleh Facebook dan telah diretas di masa lalu, paling baru pada tahun 2017 ketika hingga enam juta akun, termasuk Selena Gomez, akun yang paling banyak diikuti di platform, dikompromikan.

Dengan pengguna yang terus-menerus menjadi sasaran peretas, penipu, dan pengguna lain yang hanya ingin mengambil informasi dari Anda, penting untuk dicatat bahwa mengambil kembali akun Anda dari orang-orang yang ingin membahayakan Anda adalah sangat mungkin. Tapi bagaimana Anda bisa tahu apakah Instagram Anda diretas? Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan hal itu, dan saya juga akan mengajarkan Anda beberapa teknik untuk meningkatkan tingkat keamanan Anda secara online.

Beberapa situs, seperti Google, memberi Anda pembaruan setiap kali seseorang masuk ke akun Anda dari perangkat baru. Sayangnya, Instagram tidak melakukan itu. Untuk mengetahui apakah Anda diretas di Instagram, Anda harus memperhatikan aktivitas apa pun di akun Anda. Ini berarti memperhatikan setiap posting ganjil atau pesan langsung yang dikirim dari akun Anda. Berikut adalah beberapa tanda langsung yang dapat Anda cari untuk membantu menunjukkan dengan tepat apa yang terjadi dengan akun Anda.

Cara Memeriksa Apakah Orang Lain Menggunakan Akun Instagram Anda

Cara Memeriksa Apakah Orang Lain Menggunakan Akun Instagram Anda

Aktivitas Yang Tidak Biasa 

Tanda paling jelas bahwa orang lain menggunakan akun Instagram Anda adalah jika Anda melihat aktivitas akun yang bukan milik Anda. Itu dapat mencakup unggahan yang tidak Anda terbitkan, pengikut yang tidak Anda kenal atau tidak setujui, atau orang yang Anda ikuti yang tidak Anda ingat ikuti. Meskipun ada kemungkinan bahwa Anda lupa melakukan sesuatu di akun Instagram Anda (terutama jika Anda memiliki akun yang sibuk dan bervolume tinggi), jika Anda melihat posting yang Anda tahu tidak Anda buat atau foto yang Anda tahu tidak Anda lakukan. ambil, maka Anda memiliki indikasi pasti bahwa seseorang telah mengkompromikan akun Anda.

Email Dari Instagram

Jika seseorang meminta perubahan ke akun Instagram mereka, situs mengirim email ke alamat catatan untuk memverifikasi perubahan. Jika Anda melihat satu atau lebih dari email-email ini ketika Anda belum melakukan perubahan apa pun pada akun Anda, maka akun Anda telah diretas. Jika Anda melihat email seperti ini, Anda harus bergerak cepat untuk mengamankan akun Anda. Jika email Anda juga telah disusupi, peretas juga akan melihat email itu, menggunakannya untuk mengubah detail Anda dan kemudian menghapus email itu sehingga Anda tidak bisa melihatnya.

Jika Anda melihat email dari Instagram yang memberi tahu Anda bahwa ada perubahan yang diminta, segera ambil tindakan. Jangan ikuti tautan di email - masuk ke Instagram secara terpisah dan amankan akun Anda dengan mengubah kata sandi Anda.

Lihat Aktivitas Akun Terakhir

Fitur Instagram yang tidak banyak diketahui adalah Anda dapat meninjau semua aktivitas akun sebelumnya. Di bawah pengaturan, pilih "Data Akun". Ini akan memunculkan layar yang penuh dengan potongan informasi opsional yang dapat Anda lihat. Saya menyarankan untuk memeriksa perubahan kata sandi dan perubahan privasi sebagai titik awal.

Mengamankan AKun Instagram Anda

Tidak seperti Snapchat, Instagram memungkinkan banyak login dari beberapa perangkat sekaligus. Di mana biasanya Anda akan keluar jika orang lain masuk, Anda tidak mendapatkannya di Instagram. Jadi, Anda harus bergantung pada melihat aktivitas yang tidak biasa atau email lansiran dari Instagram. Penting untuk memastikan Anda bertanggung jawab untuk mengamankan akun Instagram Anda, karena perusahaan tidak akan selalu mendorong Anda untuk mengambil langkah proaktif demi kepentingan diri Anda sendiri.

Gunakan Password Instagram Yang Aman

Jika Anda mencurigai ada orang lain yang menggunakan akun Instagram Anda, segera ganti kata sandi. Ini adalah langkah sederhana yang membutuhkan waktu kurang dari satu menit dan akan menghentikan siapa pun yang dapat menggunakan akun Anda. Ini juga merupakan langkah yang dapat Anda ambil secara proaktif; semakin kuat kata sandi Anda, semakin sulit untuk meretas akun Anda.
  • Masuk ke Instagram.
  • Masukkan kata sandi yang ada dan ubah menjadi sesuatu yang sulit.
  • Simpan dan login menggunakan kata sandi baru Anda.
Gunakan kata sandi unik dan sulit atau gunakan pengelola kata sandi untuk menyarankan sesuatu untuk Anda. Buatlah sesulit mungkin sambil menjaganya agar tetap berkesan. Atau biarkan pengelola kata sandi melakukan pekerjaan. Apa yang membuat kata sandi kuat? Pakar keamanan mengatakan untuk menggunakan kombinasi huruf, angka, dan karakter khusus (seperti @,!, #, Dll.) Dan untuk tidak pernah menggunakan kata sandi yang sama di beberapa situs.

Mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor

Anda harus menggunakan otentikasi dua faktor di setiap jaringan sosial dan setiap akun online yang menawarkannya. Otentikasi dua faktor membantu memastikan bahwa hanya Anda yang bisa masuk ke akun Anda, karena Anda akan menerima teks pada ponsel cerdas Anda dengan kode konfirmasi untuk masuk. Ini tidak hanya mengamankan akun Anda, tetapi juga memastikan bahwa siapa pun yang mencoba masuk ke akun Anda secara otomatis memberi tahu Anda tentang upaya mereka, karena Anda akan menerima pemberitahuan di perangkat pintar Anda. Berikut cara mengaturnya.
  • Masuk ke Instagram dan buka profil Anda.
  • Pilih Privasi dan Keamanan.
  • Pilih “Edit Pengaturan Otentikasi Dua-Faktor”.
  • Pilih salah satu untuk menerima kode telepon atau untuk mengaktifkan otentikasi aplikasi.
  • 2FA (otentikasi dua faktor) sekarang diaktifkan dan akan meminta kode setiap kali Anda masuk.
Mendapatkan Kode Pemulihan

Sebagai bagian dari menghidupkan otorisasi dua faktor, Anda bisa mendapatkan satu set kode pemulihan dari Instagram yang dapat Anda gunakan untuk masuk jika Anda kehilangan akses ke ponsel Anda karena suatu alasan. Anda dapat mengatur ulang kode kapan saja.

Periksa Aplikasi Resmi

Instagram memungkinkan aplikasi pihak ketiga untuk memanfaatkan akun Anda untuk menawarkan fitur dan manfaat. Jika Anda baru saja menambahkan aplikasi dan kemudian menemukan akun Anda telah disusupi, Anda perlu memeriksa aplikasi apa yang diizinkan untuk mengakses akun Anda.
  • Masuk ke Instagram dan navigasikan ke Aplikasi Resmi.
  • Jalankan melalui daftar dan nonaktifkan apa pun yang Anda tidak tahu atau tidak perlu lagi.
Jika orang lain menggunakan akun Instagram Anda dan Anda mengubah kata sandi dan menghapus aplikasi yang tidak sah, mereka sekarang harus dikunci. Jika mereka memperoleh akses menggunakan aplikasi, mereka tidak akan lagi dapat melihat apa yang Anda lakukan atau masuk ke akun Anda.

Periksa Keamanan Email Anda

Banyak dari tip keamanan ini bergantung pada Anda memiliki akun email yang belum dikompromikan. Akun email Anda biasanya merupakan cara utama bagi aplikasi seperti Instagram untuk berkomunikasi secara aman dengan Anda. Sangat penting bahwa akun email Anda berada di bawah kendali Anda, jika tidak semua pekerjaan yang Anda lakukan untuk mengamankan akun Anda yang lain akan dengan cepat dibatalkan oleh peretas atau penjahat. Jangan bagikan akun email Anda dengan siapa pun, ubah kata sandi secara berkala, dan jangan pernah gunakan kata sandi yang sama untuk email Anda seperti untuk akun penting lainnya.

Log Out Dari Komputer Publik 

Yang ini tampak sangat jelas tetapi menakjubkan betapa sering orang melakukannya: Anda menggunakan Instagram di perpustakaan atau kafe internet, dan sekarang saatnya untuk pergi, jadi Anda hanya berdiri dan berjalan pergi ... meninggalkan Instagram atau Facebook Anda (atau lebih buruk lagi, email Anda!) duduk terbuka untuk semua pendatang. Setiap kali Anda menggunakan Instagram atau aplikasi aman lainnya di komputer bersama, sangat penting untuk keluar dari komputer itu sebelum Anda meninggalkannya secara fisik.

Jangan Menjadi Korban Phishing 

Phishing adalah cara lain yang bisa digunakan peretas untuk mengakses sistem Anda. Phishing adalah ketika seseorang mengirim email yang mengaku berasal dari Instagram yang memberi tahu Anda bahwa ada masalah dengan akun Anda, dan Anda harus masuk untuk memperbaikinya. Email tersebut menyertakan tautan yang nyaman. Jadi Anda mengklik tautannya, dan itu akan membawa Anda ke halaman yang mirip dengan Instagram, dan Anda dengan patuh mengetik nama pengguna dan kata sandi Anda. Dan sekarang peretas memiliki kedua hal itu. JANGAN PERNAH mengklik tautan masuk yang dikirimkan kepada Anda melalui email; buka situs web dengan mengetikkan URL (dan bukan URL di email - yang Anda tahu bagus) dengan tangan. URL Instagram adalah www.instagram.com.

Apakah Anda pernah diretas atau memiliki akun yang disusupi? Melihat ada yang salah dengan akun Instagram Anda? Ceritakan tentang pengalaman Anda di bawah ini melalui komentar!



Cara Memeriksa Apakah Orang Lain Menggunakan Instagram Anda Cara Memeriksa Apakah Orang Lain Menggunakan Instagram Anda Reviewed by Admin on July 17, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.