Cara Menghapus / Clear Data Cache di Android


Cache pada smartphone adalah kumpulan file kecil yang mempercepat operasi normal pada ponsel. Alih-alih browser web, misalnya, mengunduh halaman web setiap kali Anda mengunjungi situs, browser mengambil file dari cache-nya. Ketika file-file ini rusak, data di dalam file tidak dapat dibaca, dan memperlambat perangkat. Menghapus file-file itu dan membuat program memintanya lagi membuat smartphone lebih cepat karena tidak akan macet membaca file yang tidak dapat dibaca.

Informasi dan petunjuk di bawah ini berlaku untuk Android Lollipop (5.0) dan yang lebih baru dan harus berlaku tidak peduli siapa yang membuat ponsel Android Anda: Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Google, Huawei, Xiaomi, dll.

Apakah Aman Menghapus Cache Aplikasi di Perangkat Anda?

Cache berisi file sementara yang digunakan untuk mempercepat aplikasi. Terkadang, ini adalah file yang diunduh dari internet dan sering digunakan oleh aplikasi. Menghapus file dalam cache dapat membantu aplikasi memuat dan beroperasi lebih cepat.

Bagaimana Mengosongkan Cache Cure Masalah Dengan Smartphone atau Tablet?

File cache menyediakan akses cepat ke informasi yang dibutuhkan aplikasi. Tetapi ini adalah informasi duplikat yang disimpan secara permanen di tempat lain, dan jika file tersebut bukan yang terbaru, itu dapat menyebabkan masalah. Jika file menjadi rusak, yang berarti beberapa informasi yang disimpan di dalamnya menjadi campur aduk, itu dapat menyebabkan aplikasi berperilaku tidak menentu atau macet.

Mengosongkan cache dapat memecahkan masalah ini, dan seringkali merupakan langkah pemecahan masalah yang baik untuk diambil sebelum mengatur ulang perangkat, yang seringkali merupakan langkah terakhir dalam pemecahan masalah perangkat yang tidak menentu.

Cara Menghapus / Clear Data Cache di Android

Cara Menghapus Semua Data Cache pada Perangkat Android Anda Sekaligus

Cara termudah untuk menangani cache perangkat adalah dengan menghapusnya sekaligus. Ini menghemat kesulitan memburu cache untuk masing-masing aplikasi dan dapat menyelesaikan banyak masalah dengan kinerja atau perilaku tidak menentu pada perangkat Android. Ini bisa menghasilkan ruang penyimpanan dalam jumlah yang cukup, tetapi ini cenderung bersifat sementara. Aplikasi akan perlahan-lahan membangun kembali cache mereka saat digunakan, sehingga seharusnya hanya digunakan sebagai solusi jangka pendek untuk masalah penyimpanan apa pun.

Google menghapus kemampuan untuk menghapus semua cache sekaligus dalam pembaruan Oreo (Android v8.x).

Untuk menghapus cache:
  • Buka aplikasi Pengaturan Android.
  • Ketuk Penyimpanan. Biasanya di bagian Perangkat pengaturan.
  • Android menghitung tempat penyimpanan perangkat sedang digunakan (Aplikasi, foto, atau tempat lain.). Buka Data cache untuk melihat berapa banyak Anda akan kembali.
  • Ketuk Data cache. Saat diminta, konfirmasikan pilihan Anda.

Menghapus data cache tidak menghapus informasi pribadi atau data penting apa pun yang tersimpan di perangkat.

Bagaimana Jika Anda Tidak Mendapatkan Opsi untuk Menghapus Data yang Di-cache?

Versi Android yang lebih baru tidak lagi memungkinkan Anda menghapus data ini sekaligus. Produsen tertentu juga dapat membatasi fitur ini. Jika Anda tidak memiliki opsi, Anda hanya akan diizinkan untuk menghapus cache untuk aplikasi secara individual.

Cara Menghapus Data Cache dari Aplikasi Perorangan di Perangkat Android Anda
Jika hanya satu atau dua aplikasi yang mengalami masalah, membersihkan cache untuk masing-masing aplikasi ini merupakan alternatif untuk menghapus seluruh cache. Dan pada perangkat yang lebih baru yang tidak memungkinkan Anda untuk menghapus seluruh cache sekaligus, ini adalah pilihan alternatif.
  • Buka aplikasi Pengaturan Android.
  • Pilih Aplikasi & pemberitahuan.
  • Ketuk Lihat semua aplikasi ##, dengan jumlah aplikasi aktual di perangkat Anda, untuk membuka daftar lengkap.
  • Ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus.
  • Jumlah ruang penyimpanan yang digunakan setiap aplikasi, termasuk cache menampilkan di bawah nama aplikasi.
  • Di layar Info aplikasi, ketuk Penyimpanan untuk melihat rincian terperinci tentang bagaimana penyimpanan digunakan.
  • Ketuk Clear Cache untuk menghapus cache aplikasi. Ketuk Hapus Data untuk menghapus data yang terkait dengan aplikasi.
  • Ukuran cache turun ke nol.

Prioritaskan Menghapus Cache Dari Aplikasi Individual

Berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat saat membersihkan cache dari aplikasi:
  • Jika aplikasi tertentu mengalami masalah, kosongkan cache, lalu buka aplikasi untuk melihat apakah masalah tetap ada.
  •  Jika beberapa aplikasi atau perangkat Android mengalami masalah, bersihkan cache dari aplikasi yang paling sering Anda gunakan.
  • Untuk membersihkan ruang penyimpanan, pertama-tama, kosongkan cache dari browser Chrome dan browser web lain yang Anda gunakan pada perangkat. Kemudian, bersihkan cache dari aplikasi media sosial seperti Facebook atau Twitter, dan aplikasi lain yang mengakses internet. Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang, buka aplikasi lain yang dimulai dengan aplikasi yang menghabiskan paling banyak ruang secara keseluruhan.
  • Membersihkan cache adalah metode sementara untuk mendapatkan ruang penyimpanan. Saat Anda menggunakan aplikasi, itu akan membangun cache baru dari file sementara.

Itulah pembahasan tentang cara menghapus / clear data cache di Android yang Anda gunakan dengan mudah. Kami harap panduan di atas bisa membantu Anda dan bisa menambah pengalaman menggunakan perangkat Android.



Cara Menghapus / Clear Data Cache di Android Cara Menghapus / Clear Data Cache di Android Reviewed by Admin on August 17, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.